Minggu, 13 April 2008

Lukman Sardi Ingin Jadi Sutradara

Berakting di hadapan kamera sepertinya tidaklah cukup bagi Lukman Sardi. Aktor yang membintangi film 9 NAGA dan BERBAGI SUAMI terobsesi ingin menjadi sutradara.

"Cita-cita saya adalah pada akhirnya ingin menjadi seorang sutradara film, karena setiap aktor yang selama ini selalu berada di depan layar, tentu pada akhirnya ingin juga terjun di belakang layar," kata Lukman di Jakarta, Minggu.

Menurut Lukman, cita-cita tersebut akan diraihnya dalam waktu jangka panjang, karena semuanya membutuhkan kerja keras, pembelajaran serta proses panjang.

"Dengan menjadi salah satu juri dalam Festival Sinema Prancis, juga merupakan salah satu proses belajar bagi saya, karena kita bisa mempelajari bagaimana orang-orang Prancis membuat film," ujarnya.

Ia mengatakan, sering sekali menonton film Prancis, karena banyak memiliki tema yang unik serta begitu berbeda dengan film Hollywood. "Kebanyakan film Prancis berangkat dari sebuah tema yang sederhana dan berasal dari kehidupan sehari-hari," katanya.

Walaupun memiliki bahasa cakap yang berbeda dengan Indonesia, ujarnya film merupakan bahasa yang universal, sehingga dengan bahasa gambar penonton dapat menangkap apa saja yang ingin diceritakan.

Lukman mengatakan, masyarakat Indonesia sekarang membutuhkan alternatif tontonan, tidak hanya film-film horor yang sekarang telah merebak di mana-mana.

"Saya tidak mengatakan film horor adalah film yang buruk, tetapi kebanyakan di Indonesia, film-film bertema horor itu memiliki alur cerita serta tema yang kurang lebih sama, padahal dari film horor itu sendiri bisa dibuat dengan lebih kreatif," tutur dia.

Oleh karena itu, katanya menambahkan, berbagai macam festival film, salah satunya Festival Sinema Prancis dapat menjadi alternatif tontonan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. (*/erl)

Tidak ada komentar: