Minggu, 13 April 2008

Biografi Lukman Sardi

Lukman Sardi
Laki-Laki
Jakarta, 14 Juli 1971


Biografi :

Lukman Sardi terlahir di Jakarta, 14 Juli 1971. Lukman adalah seorang aktor yang telah mengeluti dunia film sejak dirinya masih berusia lima tahun. Debut filmnya berjudul KEMBANG-KEMBANG PLASTIK(1978) dan PENGEMIS DAN TUKANG BECAK (1978), yang masing-masing arahan sutradara Wim Umboh.

Di usia kanak-kanaknya Lukman terhitung telah membintangi tujuh judul film, namun saat memasuki Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dirinya harus berhenti dari akting dan harus serius belajar di bangku sekolah.

Setelah sekian lama tenggelam, Lukman kemudian muncul sebentar membintangi sinetron ENAM LANGKAH (1994), produksi Miles. Namun kemudian dirinya menghilang kembali, dan muncul kemudian lewat film GIE (2004) yang dibintanginya bersama Nicholas Saputra.

Penghargaan yang pernah diterima putra maestro biola Idris Sardi ini di antaranya, The Best Actor di ajang Bali International Film Festival 2006, nominasi MTV Indonesia Movie Award 2006 sebagai Most Favourite Actor, nominasi Festival Film Indonesia Jakarta 2006, sebagai pemeran pendukung pria terbaik.

Filmnya yang terkenal diantaranya, 9 NAGA, BERBAGI SUAMI dan PESAN DARI SURGA. Dalam film PESAN DARI SURGA (2006), Lukman berperan sebagai Kuta, seorang pemegang bass yang memiliki kehidupan seksual menyimpang. Untuk perannya ini Lukman sempat risih, namun sebagai orang profesional Lukman toh harus menjalaninya secara total.

Film terakhir Lukman berjudul, NAGA BONAR JADI 2 garapan sutradara dan aktor Deddy Mizwar. Dalam film ini Lukman berperan sebagai sosok sopir bajay yang terus mengantar dan diomeli Naga Bonar (Deddy Mizwar).

Tidak ada komentar: